Home » ARTIKEL » Jenis Kanker Otak dan Apakah Kanker Otak Bisa Sembuh

Jenis Kanker Otak dan Apakah Kanker Otak Bisa Sembuh

Segera pahami dan ketahui tentang beberapa jenis kanker otak dan Apakah Kanker Otak Bisa Sembuh ?

Kanker otak tahun lalu ramai dibicarakan karena adanya pemicu dari kabar aktor sekaligus penyanyi Indonesia yang bernamakan Agung Hercules meninggal karena menderita kanker otak itu sendiri. Sebenarnya apakah itu kanker otak sendiri dan apa kaitan dari jenis penyakit ini dengan penyakit kanker lainnya ? Satu media Indonesia memberikan berita bahwa seorang dokter spesialis bedah saraf terkemuka di salah satu rumah sakit di jakarta mengatakan beberapa pemahamannya. Ia pun menjelaskan bahwa banyak orang yang keliru tentang kanker otak itu sendiri dan pengobatannya. Pakar kesehatan tersebut juga menjelaskan bahwa jenis kanker otak ini sendiri merupakan salah satu kanker paling ganas yang dapat menyebar dengan sangat cepat. Dokter tersebut juga mengaku telah banyak menerima pertanyaan tentang penyembuhan kanker otak sendiri. 

Jenis Kanker Otak

Kanker otak sendiri secara umumnya dibagi menjadi dua jenis yakni jenis primer dan jenis sekunder. Kanker otak berjeniskan primer adalah kanker yang terjadi atau terbentuk dari sel yang berasak dari otak. Hal ini berarti kanker pertama kali tumbuh di bagian otak. Seorang ahli lainnya juga menjelaskan bahwa kanker otak primer dapat menyebar ke bagian otak lainnya secara teori. Namun hampir tidak pernah kanker otak ini menyebar ke tubuh bagian lain yang artinya hanya akan berdiam di otak.

Sedangkan untuk kanker otak berjeniskan sekunder sendiri memiliki perbedaan dimana kanker otak sekunder merupakan hasil dari penyebaran kanker jenis lainnya, contohnya saja dari kanker paru dan kanker payudara yang menyebar. Kanker otak jenis primer sendiri seperti kanker otak jenis-jenis lainnya dimana ada tingkatan 1 yang dinamakan pilocytic astrocytoma, tingkatan 2 disebut dengan diffuse astrocytoma, dan tingkat 3 dengan nama anaplastic astrocytoma serta tingkatan 4 adalah globlastoma multiforme. Tingkatan kanker jenis satu dan dua sendiri masih tergolong kategori tumor otak yang berbeda dengan tingkatan 3 dan 4 yang sudah memasuki tahapan kanker ganas. 

Apakah Kanker Otak Bisa Sembuh

Biasanya kanker otak sendiri akan muncul pada tingkatan ke-4 dalam kasus orang-orang yang berusia diatas dari usia 60 tahun. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh adanya suatu mutasi yang terjadi dalam jangka waktu lama dan banyak. Biasanya akan diawali oleh kanker otak tingkatan 2 yang langsung berlanjut ke tingkatan 3 dan tingkatan 4.

Kanker otak sendiri secara teorinya bisa diatasi dengan cara melakukan pengobatan lengkap guna untuk bertahan hidup selama dua tahun sampai dengan lima tahun ke atas. Namun cara ini tentunya harus dilakukan dengan rajin dan rutin. Pasien dan dokter sendiri terkadang memiliki banyak konsep sembuh yang berbeda. Pasalnya tentu sebagai pasien menginginkan sel kanker sepenuhnya hilang dari tubuh. Namun para dokter sendiri sering berkata bahwa kanker yang sudah tidak lagi progresif bisa dikendalikan dan tidak akan menimbulkan gejala apapun pada pasien. Ini juga merupakan suatu terobosan yang luar biasa dalam dunia medis karena dokter pun mengatakan, untuk menghilangkan sel kanker secara sepenuhnya akan sangat sulit khususnya di bagian otak.

Gejala Kanker Otak

Seringkali jenis kanker otak sendiri juga sulit untuk dikenali karena mirip dengan gejala penyakit lainnya seperti gejala maag, flu, muntah dan mual, serta sakit kepala. Namun jenis sakit kepala yang diberikan kanker otak nyatanya bervariasi mulai dari vertigo, migrain, serta yang hanya terjadi pada saat pagi hari. Tentu tetap terus waspada dalam setiap kondisi diperlukan khususnya jika mengalami sakit kepala terus menerus yang semakin progresif. Contohnya saja anda mengalami sakit kepala selama beberapa minggu secara terus menerus dengan tingkatan yang naik terus.

Pengobatan Kanker Otak

Kanker sendiri memiliki beberapa jenis pengobatan yang umumnya dilakukan berdasarkan letak, ukura, dan jenis dari kaner itu sendiri. Berikut adalah beberapa jenis pengobatan yang umum dilakukan kepada para pengidap kanker

  • Kemoterapi
    Obat-obatan untuk merusak sel kanker diberikan dengan sistem pengobatan kemoterapi.
  • Operasi
    Jaringan kanker akan diangkat dan dipotong dengan cara melakukan prosedur operasi.
  • Radioterapi
    Sel-sel kanker bisa saja dibunuh dengan menggunakan paparan radiasi dari radioterapi. Radiasi yang dihasilkan dari mesin atau radiasi yang nantinya dihasilkan dari suat alat yang dipasangkan dalam tubuh seperti implan.
  • Transplantasi Sumsum Tulang
    Sumsum tulang dari penderita akan digantikan dengan sumsum tulang baru lewat pendnor agar bisa menghasilkan sel baru normal yang bebas dari kanker melewati prosedur ini.
  • Imunoterapi
    Sistem imun dari penderitanya diaktifkan melalui imunoterapi atau terapi biologis untuk melawan kanker.
  • Terapi Hormon
    Kanker payudara dan kanker prostat serta beberapa jenis kanker lainnya adalah jenis kanker yang dipicu oleh hormon. Pertumbuh dari sel kanker ditujukan untuk diberhentikan dengan cara menghambat pertumbuhan hormon tersebut

Selain kanker otak, simak beberapa gejala dari penyakit kanker jenis lainnya :

WHO memberikan data yang menyatakan bahwa kanker merupakan penyebab kematian nomor 3 di Indonesia dibawah penyakit jantung dan menular. Kanker sendiri tercatat bisa terjadi karena kurangnya dari konsumsi buah dan sayuran dan pola hidup buruk seperti merokok, kurang berolahraga, dan mengkonsumsi alkohol yang berlebih. Lantas, ada apa saja Jenis Penyakit Kanker, Simak beritanya dibawah ini:

Jenis Penyakit Kanker


Kanker Saluran Pernapasan

Kanker yang berhubungan dengan pernapasan ini biasanya bermulai di organ paru yang cepat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kanker  jenis ini disebabkan oleh merokok sebagian besarnya. Namun sebanyak 15% kemungkinan bagi para perokok pasif juga terkena risikonya.

Kanker Payudara

Jenis yang satu ini seringkali terjadi pada wanita yang telah mengalami masa menopause namun tentu wanita dengan kondisi medis bawaan juga bisa berisiko. Tercatat kanker ini bisa menyerang wanita mana saja dari berbagai umur, bentuk tubuh, dan riwayat genetik.

Kanker Usus

Bertambahnya usia seseorang mungkin bisa menjadi alasan kenapa kanker usus bisa terjadi. Pasalnya, kanker ini terjadi pada orang-orang yang emiliki banyak kebiasaan buruk seperti minum alkohol, diabetes, obesitas, dan juga perokok.

Kanker Hati

Kanker hati juga merupakan kanker yang sering menyerang orang-orang yang berusia lebih dari 67 tahun.

Kanker juga bisa disebabkan oleh gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat :

Mutasi genetik pada sel adalah penyebab utama dari penyakit kanker yang nantinya akan berubah menjadi sel-sel abnormal. Sel abnormal sebenarnya bisa saja dihancurkan oleh mekanisme yang dimiliki tubuh manusia namun sel tersebut bisa bertumbuh secara pesat jika mekanisme tersebut gagal.

  • Riwayat kanker dalam
  • Usia lanjut rata-rata di atas 65 tahun
  • Rokok
  • Radiasi berlebih, zat kimia dan sinar matahari
  • Virus seperti hepatitis B, C dan HPV
  • Obesitas
  • Penyakit yang bisa menyebabkan inflamasi kronis
  • Kekebalan tubuh menurun seperti HIV dan AIDS

Baca Juga :