Home » ARTIKEL » 4 Penyebab Benjolan Keras di Gusi

4 Penyebab Benjolan Keras di Gusi

Pahamkah anda tentang beberapa penyebab Benjolan Keras di Gusi ?

Salah satu ketakutan yang dapat terjadi pada semua orang adalah adanya benjolan dibagian bawah dagu atau bahkan di dalam bagian mulut. Dalam beberapa kasus, benjolan ini sendiri dapat berarti gangguan kesehatan namun masih banyak orang yang tidak mengganggapnya serius. Jenis benjolan ini termasuk jenis kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan tanpa dari tubuh yang sedang melawan berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Lantas, apa penyebab dari Benjolan di Bawah Mulut sendiri, Simak beritanya dibawah ini:

Benjolan di Bawah Mulut

Penyebab

1. Limfadenitis

Suatu kondisi peradangan yang menyerang bagian kelenjar getah bening adalah limfadenitis. Jenis ini biasa ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian leher serta bagian yang terkena limfadenitis lainnya seperti leher, ketiak, dan selangkangan. Biasanya, jenis limfadenitis akan disertai dengan beberapa gejala lain seperti rasa nyeri dan demam. Beberapa gejala limfadenitis lain yang bisa dikenali adalah:

  • Keringan saat malam hari.
  • Nafsu makan yang mulai berkurang.
  • Nanah atau cairan yang keluar dagi kelenjar getah bening bengkak.
  • Tanda-tanda infeksi yang terjadi di bagian saluran pernapasan bagian atas.

2. Lipoma

Lipoma merupakan benjolan yang berisikan jaringan lemak dan biasa tumbuh dengan lambat di antara bagian otot dan kulit. Lipoma biasanya berbentuk lunak dan tidak membuat rasa sakit. Faktor genetika dan umur bisa menjadi alasan lipoma muncul serta gejala-gejala lain:

  • Diabetes antara 1-3 cm yang tidak melebihi ukuran 5cm.
  • Tumbuh semakin besar tanpa disadari dan bisa terasa sakit saat ditekan.
  • Bergerak dan bergeser jika ditekan dengan jari karena bentuknya yang lembek layaknya karet.

3. Gondongan

Virus dapat menyebabkan infeksi yang ditularkan dan menjadi penyebab utama penyakit gondongan. Pembengkakan yang terjadi karena gondongan sendiri biasanya disertai dengan rasa sakit pada bagian kelenjar ludah. Biasanya leher kanan dan kiri adalah tempat dimana gondongan terjadi.

4. Kista Gusi

Selain itu, benjolan yang terjadi di gusi juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit lainnya seperti kista.

Bagian sekitaran gusi dan gigi faktanya juga bisa menjadi tempat kista bersarang selain hanya rahim saja. Kantong berisikan cairan yang terbentuk pada area di sekitar mulut dan gigi disebut dengan kista gigi. Biasanya, jenis kista gigi sendiri bisa terjadi karena adanya suatu infeksi pada bagian mulut karena adanya akar gigi yang sudah mati. Seringkali kista jenis ini tidak disadari keberadaannya. Saat sedang melakukan pemeriksaan dokter gigi lah baru jenis kista ini biasanya disadari oleh orang-orang atau saat melakukan rontgen pada bagian rahang.

Proses Terjadi

Kista gigi sendiri bisa terjadi karena adanya suatu infeksi yang bermula dari gigi bolong yang tidak terawat dan akhirnya menyebabkan peradangan yang berujung ada pulpa timbul. Ada juga penyebab lainnya yang berasal tidak dari gigi atau bisa berawal dari infeksi gigi. Biasanya kista jenis ini akan terjadi pada bagian belakang atau depan gigi. Gigi karies yang tak terawat juga bisa menjadi penyebab kista ini.

Kista dan Abses Beda

Kista dan abses sendiri merupakan dua jenis yang berbeda dimana jenis kista sendiri umumnya adalah kantong yang berisikan cairan dan abses berisikan nanah. Kedua hal yang berbeda ini sendiri bisa saja disertai dengan abses tapi kusta atau bukan abses.

Ciri-Ciri

Menurut seorang ahli gigi, kista gigi sendiri akan terjadi tanpa menimnulkan gejala yang terasa sehingga pasien tidak akan bisa mengetahui apakah ada kista dalam rongga mulutnya atau tidak. Namun kista ini bisa terdeteksi dengan mudah dengan hanya melakukan foto. Kerusakan pada tulang bisa disebabkan oleh kista gigi khususnya pada bagian sekitaran gigi yang akan habis karena kista. Ini membuat kista gigi tidak boleh disepelekan mengingat bisa menyebabkan destruksi wajah yang parah. Gigi yang tumbuh juga bisa menjadi berantakan karena jenis kista ini, namun bisa disembuhkan dengan melakukan operasi.

Baca Juga :