Home » ARTIKEL » 7 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Ternyata ada beberapa manfaat dari Buah Semangka Untuk Ibu Hamil yang masih jarang diketahui, Simak beritanya:

Bagi ibu hamil, tentunya asupan makanan layaknya sayur dan buah sangatlah penting. Pasalnya, nutrisi anak akan terpenuhi secara speenuhnya dengan mengkonsumsi makanan tersebut. Ibu hamil yang kurang nutrisi tentu bisa berbahaya karena bisa mengalami banyak kendala layaknya muntah dan mual. Rasa mual ini sendiri akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa berdampak buruk pada janin. Pada saat itulah peran makanan seperti buah sangat penting dimana Ia bisa memberikan asupan air yang cukup untuk tubuh ibu hamil. Semangka sendiri memang dikenal karena kandungan air nya yang sangat kaya untuk tubuh sehingga bisa meringankan rasa sakit dan pembengkakan yang sedang terjadi pada perut. Gula dan air yang ada dalam buah semangka juga bisa membantu dalam meringankan mual dan dehidrasi pagi hari selama kehamilan terjadi.

  • Asam Lambung dan Morning Sickness

1. Asam Lambung

Asam lambung bisa diredakan oleh buah semangka. Ibu hamil kerap bisa mengalami banyak masalah kesehatan seperti masalah pencernaan dan naiknya asam lambung contohnya. Efek tenang akan diberikan oleh buah semangka pada perut ibu yang sedang hamil karena kandungan vitamin A nya yang banyak bisa menjadikannya juga sebagai penjaga organ penglihatan janin anda.

2. Morning Sickness

Morning sickness kerap kali menjadi masalah utama untuk ibu hamil. Namun kini masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah hanya dengan cara meminum jus semangka segar di pagi hari setiap kali anda merasakan morning sickness. Pembentukan tulang janin juga akan didukung secara maksimal dengan meminum jus ini yang juga bisa melancarkan aliran urine dalam tubuh ibu sehingga bisa tetap lancar buang air kecil.

  • Aliran Darah dan Pigmentasi Kulit

3. Aliran Darah

Pembengkakan aliran darah kerap terjadi pada ibu hamil di masa kehamilan khususnya pada bagian-bagian seperti tangan dan kaki. Kandungan air dalam semangka sangat kaya yang bisa mengurangi pembengkakan aliran darah yang sedang terjadi sehingga penyumbatan pada bagian otot dan darah bisa dihindari.

4. Pigmentasi Kulit

Buah semangka juga ternyata bisa mencegah terjadi proses pigmentasi kulit khususnya di masa kehamilan dimana proses pigmentasi seringkali terjadi. Hal ini terjadi karena adanya hormon yang terlalu tinggi dan bisa diatasi dengan manfaat dari semangka yang membersihkan tubuh dan menghilangkan racun.

  • Dehidrasi, Sembelit, dan Kekebalan Tubuh

5. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa dicegah seperti yang kami bagikan tadi diawal artikel. Saat hamil, menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik sangatlah penting. Mengingat dehidrasi bisa menyebabkan kontraksi awal rahim yang menyebabkan kelahiran bayi prematur. Memakan buah semangka bisa memasukan lebih banyak cairan ke tubuh untuk memenuhi gizi.

6. Sembelit

Sembelit juga kerapkali terjadi pada ibu hamil. Semangka lagi-lagi bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini karena memiliki sifat untuk meningkatkan gerakan usus dan membersihkan sistem pencernaan dengan baik.

7. Kekebalan Tubuh

Sistem imun kekebalan tubuh juga bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah semangka. Ibu hamil tentunya akan sering mengalami sakit karena kekebalan tubuh yang melemah saat hamil. Semangka memiliki kandungan antioksidan yang bernamakan likopen yang berguna untuk melindungi tubuh dan menangkal berbagai macam infeksi yang dapat terjadi. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan B6 yang tinggi juga sangat penting dalam proses penglihatan, otak, sistem saraf, dan kekebalan tubuh ibu dan bayi.

Baca Juga :