Home » ARTIKEL » Cara Mengobati Keseleo

Cara Mengobati Keseleo

Salah satu cedera yang rentan terjadi dan berhubungan dengan tulang dan sendi seseorang adalah keseleo atau bisa dikenal dengan nama terkilir. Selain pada bagian kaki, keseleo sendiri juga ternyata bisa saja terjadi pada bagian tubuh lain seperti lutut dan tangan yang akan menimbulkan rasa nyeri, memar, bengkak, dan tentunya menghambat pergerakan seseorang. Lantas, bagaimanakah Cara Mengobati Keseleo dengan benar dan tepat. Simak beritanya dibawah ini:

Cara Mengobati Keseleo

1. Istirahat

Segaka kegiatan yang bisa memicu dan membuat rasa semakin sakit dan tidak nyaman pada bagian yang terkilir harus anda hindari terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan alat bantu jalan layaknya kruk jika memang diperlukan. Hal ini bukan berarti ada larangan khusus untuk anda dalam tidak boleh menggerakan bagian keselo sendiri. Anda tentunya masih bisa untuk menggerakannya meskipun akan terasa sakit. Namun, coba lakukan gerakan perlahan dalam menggerakannya agar otot dan sendi anda tidak diam dalam posisi yang terlalu kaku.

2. Kompres Es

Lakukan kompres es secepat mungkin ketika mengalami keselo selama 20 menit setiap 2 ataupun 3 jam sekali. Hal ini bisa terua anda lakukan sampai kondisi keseleo anda mulai terasa membaik. Jika tidak kunjung membaik setelah rutin melakukannnya, anda bisa menemui dokter untuk menanganinya jika kondisinya sudah parah. Anda bisa menggunakan beberapa es batu dan kain untuk membuat kompres ini. Manfaat dari kompres ini yakni bisa memperlambat terjadinya pendarahan pada robekan yang terjadi. Namun selalu ingat untuk memberhentikan kompres jika bagian yang anda kompres berubah menjadi warda putih karena kondisi tersebut harus segera dibawa ke dokter.

3. Perban

Anda bisa memperban bagian-bagian yang mengalami keseleo untuk sementara guna untuk menghentikan pembengkakan. Namun pastikan anda tidak membungkusnya terlalu kuat karena bisa menghambat jaringan sirkulasi darah anda.

4. Angkat

Anda bisa mengangkat bagian yang keseleo saat anda berbaring lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan jika keseleo anda terjadi pada bagian-bagian tertentu.

Sekian informasi dari kami pihak Lsyofficial, Semoga informasi-informasi yang kami berikan bisa bermanfaat,

Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar