Home » ARTIKEL » Muncul Kista Ateroma di Punggung !! Begini Cara Mengatasinya

Muncul Kista Ateroma di Punggung !! Begini Cara Mengatasinya

Jarang diketahui oleh banyak orang, ternyata Kista Ateroma di Punggung juga bisa terjadi. Lantas, segera simak dan pahami penjelasan lengkapnya tentang penyakit tersebut :

Kantung berisikan minyak sebum dan butiran-butiran kecil dari kerating yang bertempatkan dibawah permukaan kulit seseorang disebut dengan kista ateroma. Kista ini biasanya dapat terjadi karena adanya suatu penyumbatan pada bagian kelenjar minyak kulit. Kista ini sendiri bisa disembuhkan hanya dengan cara melakukan pembedahan kecil atau laser. Kista ateroma sendiri memiliki bentuk layaknya benjolan atau berupa tonjolan yang bisa terjadi pada bagian punggung, leher, kulit kepala, dan juga wajah. Kista jenis ini terjadi karena keringat serta folikel rambut yang mengalami penyumbatan. Biasanya berukuran kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun tentu jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa jadi semakin membesar dan menyebabkan rasa tidak nyaman dan rasa nyeri yang muncul kadang-kadang. Risiko lebih besar untuk mengalami kista ateroma terjadi pada anda yang sering mengalami jerawat.

Muncul Kista Ateroma di Punggung !! Begini Cara Mengatasinya

Biasanya, kista ateroma sendiri tidak memerlukan perawatan medis khusus karena tidak menimbulkan berbagai masalah lainnya. Namun hal ini bisa kita cegah karena dapat terjadinya infeksi dan bekas luka. Kista ini juga disarankan jangan anda pencet layaknya jerawat. Untuk mengatasinya di rumah, anda bisa menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat dan kompres hingga cairan kista keluar sedikit demi sedikit hingga sembuh. Namun jika jenis kista ini mengalami pembesaaran yang akhirnya menyebabkan keluhan hingga mengganggu, anda bisa pergi ke dokter spesialis. Dokter akan memberikan beberapa hal dibawah ini untuk mengatasi kista ateroma di punggung :

  • Injeksi
    Injeksi akan dilakukan dokter pada bagian kista ateroma sehingga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan yang sedang terjadi.
  • Insisi dan penyedotan
    Sayatan kecil akan dibuat oleh dokter di bagian kista ateroma yang nantinya perlahan akan dikeluarkan isinya oleh dokter. Kista masih bisa tumbuh kembali jika melakukan metode ini meskipun mudah untuk dilakukan.
  • Laser
    Laser bisa digunakan oleh para dokter untuk membuat lubang pada bagian kista dan mengeluarkan isi dalam dari kista tersebut. Nantinya kulit kista tersebut akan dihilangkan sekitar satu bulan dari proses dilakukannya laser.
  • Operasi minor
    Seluruh kista ateroma akan dibuang oleh dokter dengan cara melakukan pembedahan kecil atau operasi minor. Jenis ini telah dinyatakan aman dan efektif dalam pencegahan kista ateroma untuk tumbuh kembali nantinya dikemudian hari.

Kenali Penyebab Kista Ateroma Agar Mudah Menghadapinya - Alodokter

Penyebab Kista Ateroma

Kelenjar atau saluran minyak dari kelenjar sebasea yang mengalami penyumbatan atau kerusakan merupakan alasan utama kista ateroma terbentuk. Ini adalah alasan utama kenapa orang-orang sering menyebut jenis kista ateoroa sebagai kista sebasea. Kelenjar yang sering mengeluarkan suatu minyak bernamakan sebum adalah kelenjar sebasea yang memiliki fungsi untuk melapisi rambut dan kulit.

Riwayat cedera layaknya bekasi operasi, jerawat, dan goresan pada area kista ateroma menjadi penyebab utama dari penyumbatan yang terjadi. Sehingga, kista ateroma sendiri bisa tumbuh dengan lamban. Hal ini seringkali membuat orang-orang penderitanya tidak sadar bahwa mereka memiliki kista ini sejak trauma yang telah terjadi beberapa waktu yang lalu. Selain terjadi karena kelenjar sebasea yang tersumbat, beberapa hal dibawah ini juga bisa menjadi penyebab dari kista ateroma :

  • Kerusakan pada sel-sel kulit yang terjadi karena efek samping dari prosedur-prosedur operasi.
  • Faktor genetik seperti sindrom Gardner atau sindrom nevus sel basal.
  • Kerusakan pada saluran kelenjar sebasea.

Baca Juga :