Home » ARTIKEL » 7 Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

7 Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Jika anda belum tahu, sudah kami rangkum beberapa Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini yang bisa dilakukan untuk menghindari kanker payudara sendiri :

Berbicara tentang kanker payudara, tentu menyadari bagaimana bentuk dari payudara normal dan perubahan pada payudara sangat penting. Umumnya, payudara akan terasa berbeda pada masa-masa menstruasi. Pada masa-masa menstruasi ini, banyak wanita yang mengaku merasakan bahwa payuradara mereka menjadi lebih kencang dan padar, dan pada saat-saat menopause maka payudara terasa seakan lebih lembut dan kendur.

Perubahan tertentu yang harus diwaspadai tentunya bisa menjadi karena adanya indikasi atau ciri-ciri dari suatu penyakit. Biasanya orang akan melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk mengetahui apakah bentuk payuradara normal, apakah ada perubahan pada payudara, dan agar bisa segera berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat dan tidak terlambat oleh dokter spesialis.

Berikut dibawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara :

1. Alkohol

Minuman alkohol seperti bir atau anggur merah telah dibuktikan oleh beberapa penelitian ternama bisa meningkatkan tingkatan produksi dari hormon yang menyebabkan kanker payudara dalam tubuh wanita. Hormon tersebut sendiri bernama hormon estrogen yang bisa ditingkatkan karena alkohol. Perlu diketahui dengan baik dan benar bahwa hormon estrogen berlebih dalam tubuh seringkali disamakan dengan perkembangan sel payudara. Alkohol juga terbukti bisa merusak DNA dalam sel-sel tubuh anda yang membuat risiko dari kanker payudara meningkat.

2. Rokok

Jika anda merupakan seorang wanita yang merokok secara aktif, maka usahakanlah hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, rokok sendiri ditemukan dapat meningkatkan risiko dari penyakit kanker payudara pada wanita yang muda dan belum mengalamo masa menopause. Hal ini juga berlaku untuk perokok pasif yang kerap kali terpapar asap rokok berlebih.

3. Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas ternyata bisa meningkatkan risiko dari kanker payudara sendiri. Khususnya dalam kondisi obesitas yang kerap kali terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Risiko dari kanker payudara sendiri bisa meningkat karena obesitas karena adanya jaringan lemak berlebih dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan hormon estrogen meningkat yang memicu sel kanker untuk tubuh sendiri. Selain itu, berat badan berlebih yang terjadi pada wanita biasanya menghasilkan hormon insulin tinggi yang juga bisa memicu kanker.

4. Olahraga

Berolahraga secara teratur dan aktif secara fisik tentu bisa mencegah berbagai penyakit seperti kanker payudara. Hal ini disebabkan karena berolahraga serta mengeluarkan keringat akan menjaga berat badan tubuh anda tetap ideal. Wanita dewasa yang sering berolahraga kerapkali bisa menurunkan risiko dari kanker payudara sendiri.

5. Menyusui

Menyusui sendiri juga ternyata memiliki efek yang kuat dalam pencegahan kannker payudara karena dapat menurunkan risikonya sendiri. Hal ini karena laktasi anda akan tertunda yang membuat anda mengalami menstruasi kembali setelah melahirkan. Paparan hormon estrogen sendiri akan turun karena menstruasi yang melepas banyak jaringan dan sel-sel DNA yang rusak.

6. Terapi Hormon

Umumnya terapi hormon dapat berlangsung selama 3 sampai 5 tahun dan dapat meningkatkan tingkatan risiko dari kanker payudara. Terapi hormon sendiri biasanya dilakukan untuk menopause, namun jika anda memiliki risiko terhadap kanker payudara harap cari jalan lain. Turunkan dosis terapi hormon anda dan selalu minta dokter anda untuk memonitor durasi dan kondisi anda.

7. Radiasi dan Polusi

Terapi seperti sinar-x dan MRI kerap menggunakan tingkatan radiasi yang cukup tinggi, ini bisa meningkatkan risiko dari kanker payudara sendiri. Selain itu, paparan polusi dalam kehidupan sehari-hari juga bisa anda hindari guna mencegah kanker terjadi.

Baca Juga : 

1 komentar untuk “7 Tips Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini”

  1. Ping-kembali: Jenis Benjolan di Gusi Atas dan Cara Mengobati nya | Obat Herbal

Komentar ditutup.